Cara memaksa Komputer agar booting dari USB Flashdisk Komen = 5 | Dunia Komputer
Subscribe to our RSS Feeds

Cara memaksa Komputer agar booting dari USB Flashdisk Komen = 5

0 Comments »
Banyak artikel yang membahas cara menginstall windows menggunakan usb flashdisk, mulai dari menginstall windows 7 ataupun windows 8 memakai usb flashdisk, dan banyak juga cara untuk membuat usb flashdisk agar bisa dipakai untuk menginstall windows menggantikan cd/dvd baik itu menggunakan program khusus ataupun cara sederhana yaitu hanya dengan memakai perintah dari command prompt.
Tetapi dengan begitu banyaknya tutorial tentang cara booting menggunakan usb flashdisk, sedangkan komputer kita Biosnya tidak mendukung untuk booting dari USB?, jadi kita tidak bisa menggunakan USB flashdisk untuk menginstall windows dikarenakan komputer / laptop kita tidak mendukung fitur baru ini, jadi apakah ada caranya untuk menginstall windows 8 memakai usb flashdisk dikomputer yang tidak bisa booting dari usb? jawabannya: Bisa!.
Walaupun trik kali ini sangat sederhana, hanya gunakan jika komputer / laptop / pc anda memang benar2 tidak bisa booting dari USB.
  • Cara Pertama:
Catatan: Dalam petunjuk ini, kita telah mempunyai komputer yang sudah ada sistem operasi didalamnya, baik itu windows vista ataupun windows 7 yang sudah berjalan.
  1. Download dan install program yang bernama EasyBCD dikomputer anda yang tidak mendukung untuk booting dari USB, perangkat lunak EasyBCD adalah program gratisan dan mendukung sistem windows 32bit dan 64bit.
  2. Langkah selanjutnya, jalankan program EasyBCD, klik tombol Add New Entry disebelah kiri, dibawahPortable/External Media ganti ke tab BIOS Extender. BIOS Extender ini dapat dipakai untuk boot dari Network, CD atau USB walaupun komputer / laptopnya tidak mendukungnya.
  3. Kemudian masih dibawah tab BIOS Extender, klik tombol Install PLoP untuk menambahkan entri PLoP ke dalam menu boot.
  4. Kita telah selesai membuat komputer kita agar bisa booting dari usb.
  5. Sekarang kita telah menginstall PLoP dan EasyBCD Bios Extender, waktunya untuk menguji usb flashdisk anda agar bisa menginstall windows 8 dengannya. Colokin usb flashdisk ke port usb, lalu restart komputernya.
  6. Kita akan mendapati entri baru di menu boot yang bernama EasyBCD BIOS extender. pilih opsi EasyBCD BIOS extender, lalu tekan tombol enter untuk masuk ke layar opsi selanjutnya, disini kita akan melihat daftar opsi.
  7. Pilih opsi USB untuk memulai booting dari USB flashdisk, dari sini selanjutnya ikuti langkah2 untuk menginstall windows 8. Semoga sukses!.
  • Cara Kedua: Gunakan cara ini jika komputer anda tidak booting, alias ngga ada OS / windows didalamnya, dengan catatan komputernya harus ada CD / DVD yang masih bekerja.
  1. Download PLoP boot manager dan bakar (burn) file .ISO nya ke CD atau DVD (ekstrak dahulu file .zip nya untuk mendapatkan file .ISO)
  2. Hidupkan Komputer / PC / Laptop anda, masukkan CD / DVD tadi ke drive, bootinglah menggunak CD/DVD (set dahulu booting pertama menggunakan CD/DVD di Bios).
  3. Colokin USB Flashdisk yang berisikan windows 8 ke port usb nya, setelah komputer berhasil boot dari CD/DVD dengan cd PLoP boot manager yang telah kita buat tadi, selanjutnya dalam beberapa detik akan mendapati layar menu seperti gambar dibawah ini.
  4. Kemudian pilih opsi USB, lalu mulailah proses penginstallan dari usb flashdisk seperti biasanya.
  5. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Download EasyBCD
Download PLoP Boot manager.

Artikel Terkait:

19.43

0 Responses to "Cara memaksa Komputer agar booting dari USB Flashdisk Komen = 5"

Poskan Komentar